post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Thursday 26 February 2015

Cara Dasar Pembuatan Sandal


Pada kesempatan ini buat CaraMania akan membahas tutorial dasar pembuatan sandal jepit dengan bahan dasar spon eva. Sebelum dimulai tutorial singkat pembuatan sandal ini, ada beberapa cara atau teknik dalam membuat sandal agar menghasilkan motif sandal yang bagus dan unik, seperti teknik sablon, press, garuk, cutting, seset, dll. Semakin sulit, rumit dan kreatif teknik yang digunakan, akan semakin baik pula motif serta model sandal yang akan dihasilkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEix3Yk4HIRpJu-6Cu-WKdLyeJrnYIU0c5R52V5RcmNii9u7dNxnQ-zTsyDrAfE80wwkJZmOb9CN106mlF_AZvpzye3M-l1idvReY3OoqVQa99jLILlFSX9FiCMFL3h9LU3FIDk4_jPruQ/s1600/Sandal-lucu-blue-cars.jpg

Tutorial di bawah merupakan teknik standar dengan menggunakan 2 lapis spon, spon lapisan bawah (outsol) dengan ketebalan 13 milli dan spon lapisan atas dengan ketebalan 1 milli (corak warna). Namun bila anda ingin meringankan biaya produksi dengan tidak menggunakan lem, anda dapat menggunakan spon dengan ketebalan 14 milli sekaligus, dengan memakai teknik sablon sebagai pengganti motif pada permukaan atas sandal.

Ada beberapa bahan dasar serta mesin (peralatan) manual yang akan digunakan pada contoh tutorial video pembuatan sandal spon jepit eva di bawah, antara lain:

Bahan Dasar
Mesin/Peralatan Yang dibutuhkan
Spon Eva
Tali Jepit
Pisau Pon
Lem
Mesin Pelubang Spon
Matres Logo/Label
Putaran/Jepitan emboss
Cara Membuat Sandal Jepit Spon:
1.     Siapkan beberapa lembar (tergantung jumlah atau quantity yang ingin dibuat) spon eva untuk dicetak sesuai ukuran dan motif. Misalnya anda ingin membuat sandal jepit dengan ketebalan 14 mili, jadi anda harus menyiapkan 2 lembar spon dengan ketebalan yang berbeda:
- Spon dengan ketebalan 13 mili untuk badan sandal (pastikan spon bagian bawah berbahan lebih kuat dan makin tebal di bagian ujungnya atau biasa disebut outsol).
- Spon dengan ketebalan 1 mili untuk atas atau permukaan sandal (motif permukaan sandal bisa menggunakan spon corak warna ataupun dengan bahan pvc yang sudah di emboss dengan motif yang diinginkan).
2.     Setelah spon dengan ketebalan berbeda telah dicetak sesuai ukuran dan motif melalui mesin pon, kemudian satukan hasil potongan kedua spon tersebut dengan lem.
3.     Kemudian press spon yang telah dilem tadi dengan mesin press agar hasil rekat lem lebih maksimal.
4.     Haluskan outline atau bagian sisi sandal dengan bantuan mesin gerinda.
5.     Lubangi sandal dengan cara manual atau dengan mesin pelubang untuk tempat memasang tali jepit.
6.     Persiapkan tali jepit untuk dipasang pada sandal, anda bisa memberikan logo pada tali jepit secara manual seperti pada video tutorial di bawah.
7.     Pasang tali jepit dengan teknik tarik dengan kawat yang didesain sedemikian rupa pada tiang kayu (lihat pada tutorial video di bawah).
8.     Sandal siap dipasarkan.
Bottom of Form

No comments:

Post a Comment