post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Saturday 28 February 2015

Kerajinan Rumah-rumahan dari kardus




Membuat kerajinan tangan salah-satu kegemaran saya yah meskipun hasilnya belum terlalu bagus,tapi saya bangga karena bisa membuat suatu kerajinan yang murni hasil kerja saya dan bisa berbagi dengan orang lain ^_^ disamping itu kerajinan yang saya buat juga dapat membantu saya dalam perekonomian saya pribadi. yah karena hasil penjualan dari kerajinan saya tersebut !! meski tak seberapa
 
Kali ini saya akan Bebagi lagi bagaiman cara mengelolah sebuah kardus yang mungkin sudah menjadi sampah menjadi sebuah susuatu yang cantik dan berguna entah sebagai hiasan atau apalah  http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/17.gifhehe. berikut caranya !! dan lagi saya ucapkan semoga bermanfaat dan good luck http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/3.gif
 
Alat dan bahan :
>Kardus
>Gunting
>Lem
>Penggaris
>Pensil
>Kertas metalik
>Koran

Cara membuat :
1. Pertama  buat pola sesuai ukuran rumah yang akan dibuat
2. Kedua Gunting pola yang sudah anda buat sebelumnya
3. Ketiga gabungkan setiap pola sesuai tempatnya masing-masing, lalu lem
4. Setelah kering, buat lagi atap untuk rumah tersebut
5. Setelah itu tempelkan atap tersebut dibagian atas rumah
6. Agar terlihat lebih cantik tempelkan hiasan seperti kertas metalik di dinding rumah, begitupun dengan atap rumah.
7. Setelah dinding rumah telah dihias tempelkan rumah ke kardus lagi sebagai lantai rumah
8. Kedelapan, buat sebuah pagar-pagar kecil agar lebih mirip sebuah rumah.
9. Kemudian tempel pagar-pagar tersebut
10. Rumah-rumahan dari karduspun jadi deh http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/1.gifhihi  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUXBex1dlHWjEQ58LiZPyKVXeU-SLSNl5VYwNiNgyFaEdqJcj08h5En6ahjvkGUjM-xXm-523n9Y1fgORTVNYexhTeSXDhwRA-M6_oGeZ0wB5I3e5KU8vc4xkioFSnXl1qRBOX9kvl_vg/s320/Foto1366.jpg
Ini dia hasil jepretan rumah-rumahan buatan
saya http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/26.gif
 





Cara Membuat Kreasi Rumah Unik dari Kardus Bekas

Nah guys n girls,…. beberapa waktu yang lalu kan udah di kasih tau cara bikin kreasi unik buku dari kardus bekas.. skarang Giestuff mo kasih tau cara mengembangkan keterampilan dasar tersebut ke next level. pengembangannya guampang buanged. cuma butuh tingkat ketelitian yang lebih sama imajinasi yang lebih juga (gak lebih-lebih amat sih).
yang jelas kalo kamu bikinnya sabar, pasti hasilnyapun memuaskan. dan jangan lupa! nilai jualnya pun bakal lebih tinggi. ya lumayan lah kalu cuma buat beli BB baru.
ini dia, kita mulai ya…!
Alat nya seperti biasa
-Gunting
-Cutter
-Penggaris
-Pulpen
-Pinsil
-Penghapus
-Lem Kayu

Bahannya juga hampir sama
-Kardus bekas yang masih bagus (gak basah, sobek, terlipat dll)
-Plastik transparant. jumlahnya tergantung dari jumlah jendela yang mau dibikin.

Proses Persiapan Design Rumah (Skema)
Kita bisa membuat skema dari rumah kita sendiri atau bisa dengan mudah kita dapatkan dengan cara browsing gambar di internet. yang penting kita pilih gambar yang agak lengkap dengan mencantumkan ukuran yang sebenarnya. contohnya skema seperti di bawah ini.


nah gambar di atas akan memudahkan kita untuk membuat kreasi rumah kita jadi lebih mudah. ukuran panjang dan lebar ruangan menjadi patokan kita untuk menentukan besar kardus yang akan kita gunakan sebagai bagian alas.
jangan lupa, kita mungkin harus menyesuaikan skema dari yang aslinya juga, sesuai dengan kebutuhan. contoh saya buat kreasi rumah saya dengan menggunakan skema 3:100 untuk ukuran skema asli (6 : 100). itu artinya saya hanya membutuhkan panjang 3cm untuk pengganti ukuran asli 100cm dari yang seharusnya 6cm untuk perbandingan 100cm. Hal ini ditujukan untuk menghemat bahan yang akan kita gunakan. sekali lagi, tergantung berapa ukuran yang kita butuhkan untuk menggantikan ukuran aslinya tersebut.
Untuk Pembuatan Dinding
gunakan pisau cutter dengan mata pisau yang benar-benar tajam. kita mulai dengan menyiapkan kardus (untuk skema 3:100) lalu memotong bahan kardus menjadi bagian-bagian dinding secara terpisah yang terdiri dari tinggi dan lebar dari dinding saja.
Perekatan
Untuk bagian ini gunakan lem kayu dan jangan lupa ketelitan dan kerapihan, karena tingkat keseimbangan bagian-bagian ruangan akan ditentukan pada bagian ini. Bisa dilihat pada gambar


Jendela dan Pintu
bagian ini juga lumayan sulit untuk tingkatan pemula. tapi kalau terus di coba pasti bisa. Potong plastik transparan -yang biasa kita gunakan untuk presentasi- sesuai dengan ukuran jendela. lalu rekatkan pada bagian jendela dengan hati-hati. hal ini untuk menimbulkan efek kaca jendela yang sesungguhnya. untuk bagian pintu, potong kardus dengan ukuran pintu. lalu oleskan lem kayu hanya pada bagian salah satu sisinya saja, agar pintu dapat ditutup dan dibuka.


Bagian Atap
Bagian ini sebenarnya bagian yang paling mudah. soalnya hampir sama dengan proses dekorasi pada buku unik untuk menbuat efek genting.

Nah proses tersebuti baru 60% saja menuju siap dipasarkan…
berikut gambarnya:


Dekorasi
Bagian ini bisa kita masukan sebelum semua bagian atap kita rakatkan secara permanen. dekorasi dalam ruangan bisa berbentuk tangga, bak mandi, kursi, tempat tidur dan lainnya.

Anda juga bisa menjadikan atap tidak permanen dengan membuat struktur bagian atap terpisah dengan dinding rumah. seperti pada gambar dibawah:

Finishing
Nah jika semua sudah dirasa siap, yang tertinggal cuma proses pengecatan dan dekorasi tambahan. pengecatan bisa kita gunakan cat kayu dan untuk proses dekorasi tambahan seperti rumput, kita bisa gunakan potongan karpet bekas berwarna hijau atau untuk pohon, boneka, semak-semak dan binatang, kita bisa membeli di toko dekorasi atau toko bahan kue dengan harga yang sangat murah.
duuaaaannnnn wualah…


selamat Berkreasi!!!




Kerajinan tangan  dari sedotan.

Bahan- bahan yang di perlukan.
Bahan-bahn untuk membuat kerajinan dari sedotan
Gambar di atas adalah gambar bahan-bahan yang di pelukan untuk membuat kerajinan dari sedotan.
1. Sedotan warna warni.
2. Kertas karton.
3. Lem tembak.
4. Gunting.
Dan jika bahan-bahan atau alat untuk membuat kerajinan dari sedotan ini sudah siap semua maka anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada gambar di bawah selanjutnya.
Langkah pertama membuat kerajinan dari sedotan.
Tahap-pertama-membuat-kerajinan-tagan-dari-sedotan
Pada gambar di atas adalah gambar tahap pertama yang harus di lakukan adalah menggunting sedotan menjadi 2 bagian,kemudian gunting bagian sisi kedua sedotan yang tadi sudah di gunting menjadi 2 dengan bentuk seperti segi tiga seperti yang anda lihat pada gambar no3.
Tahap ke2 membuat kerajinan tangan dari sedotan.
Tahap-ke2-membuat-kerajinan-tangan-dari-sedotan
Selanjutnya gambar di atas adalah gambar tahap ke 2 membuat kerajinan dari sedotan yaitu menggunakan sedotan yang ada lekungnya dengan cara menyambung ke 4 sedotan sehingga membentuk seperti pada gambar no3,buat 2 ukuran yang satu ukurannya 10cm x 6cm dan yang 2nya lagi 15cm x 6 cm.
Selanjutnya gambar tahap ke3 membuat kerajinan tangan dari sedotan.
Tahap-ke3-embuat-kerajinan-tangan-dari-sedotan
Pada tahap ke3 kita mulai mengelem -ngelem ya… di tahap ketiga ini yang haus anda lakukan adalah memberi lem pada sisi sedotan yang sudah di bentuk tadi dan menempel kannya pada kertas karton yang sudah di siapkan tadi seperti pada gambar di no3, kemudian beri lem juga pada sedotan yang pertama tadi kita potong menjadi 2 lalu tempel kan pada sedotan yang sudah di tempel kan pada kertas karton tadi seperti pada gambar dan biar lebih menarik tempel kan  sedotan dengan cara menyilang warna seperti yang saya buat pada gambar di atas dan lakukan cara yang sama hingga semua beres.
Dan masuk kita pada tahap ke4.
Tahap-ke4-membuat-kerajinan-tangan-dari-sedotan
Pada tahap ke4 langsung saja yang harus di lakukan adalah memberi lem pada bagian sisi sedotan dan menempelkan nya pada bagian ujung sedotan yang sudah di tempel kan tadi lebih tepatnya pada bagian sedotan yang warna warni dan lakukan cara yang sama pada sedotan yang lainnya hingga semua sedotan menempel dengan rapih seperti pada gambar di bagian no5.
Dan sekarang kita langsung pada gambar bagian akhir membuat rumah-rumahan dari sedotan.
Tahap-tetrakhir-membuat-kerajinan-tangan-dari-sedotan
Pada tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah menggunting bagian tengahnya agar terlihat seperti pintu pada rumah.. *ceritanya.. hehehe lalu tempel kembali sedotan warna warni degan menggunakan lem dan itu terlihat seperti pagarnya hehe.
Dan sampailah kita pada gambar hasil akhir.
Hasil-Akhir-membuat-kerajinan-dari-sedotan
Dan di atas adalah gambar hasil akhir kita membuat kerajinan dari sedotan yaitu membuat rumah-rumahan dari sedotan. sekian untuk pembahasan tentang kerajinan tangan dari sedotan,mudah-mudahan semuanya bermanfaat dan terimakasih karena anda masih tetap setia berkunjung ke blog saya ini.selamat mencoba.

Cara Buat Rumah Dari Stik Es Krim





Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

Bagaimana cara buat rumah dari stik es krim? Yang dimaksud rumah disini adalah kerajinan tangan rumah-rumahan yang bahan dasarnya adalah barang tak terpakai yaitu stik es krim. Tutorial cara membuat rumah dari stik es krim juga tidak terlalu sulit.

Yang kita butuhkan adalah ide atau kreatifitas untuk menciptakan model rumah yang se-unik mungkin. Selangkapnya bagaimana proses pembuatan rumah dari stik es krim kalian bisa berkreasi sendiri, berikut merupakan bahan yang diperlukan untuk membaut rumah-rumahan cantik dari stik es krim ini.


Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

Cara Buat Rumah Dari Stik Es Krim
Bahan pokok:

Stik es krim
Lem kayu
Kertas/ alas


Bahan tambahan seperti hiasan bunga-bungaan atau terserah sesuai imajinasi kamu

Bisa juga ditambahkan instalasi lampu menggunakan lampu hias jika ingin rumah kelihatan lebih menarik.


Selanjutnya buat dulu model rumah yang akan dibangun menggunakan stik es krim, jika perlu silahkan digambar modelnya biar lebih jelas. Selanjutnya bentuk dan potong stik es krim sesuai kreatifitas kamu menjadi model rumah yang kamu inginkan.

Kerajinan rumah-rumahan daur ulang bungkus rokok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVDrc_KQwd1Yf6-vYNRJaqsUBFJQX7nY9yh2MhCxp2-TYEDEOC9BOEQNeiISqhGXvbSv51nEfRZ_Gt7MJI-8rxsZoWCC_A52Bo950f7tMQiQL2Bbvz-YTG40H6rJk3-VT1ppYn6gLKDgo/s320/daur+ulang+11.png
melakukan daur ulang sampah, merupakan salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa membuat otak kita tetap fresh. ini dikarenakan kita melakukan kegiatan yang berbeda dan menghasilkan suatu prakarya yang mungkin sebelumnya kita pikir kita tidak bisa membuatnya... nah pikiran 'cemen' seperti ini hanya membuat daya kreatifitas kita menjadi menurun "bukan apanya kasian" otak kita meremehkan diri kita sendiri.

karena itu tidak ada salahnya kita melakukan daur ulang sampah... begitu banyak manfaatnya seperti yang dilansir dalam sebuah media online saat ini sampah elektronik dan sampah domestik berupa plastik, besi, dan lainnya sudah menggunung di bumi indonesia kita,,,,

okkeh tanpa cap----ciss---cusss lagi, dalam postingan ini selain untuk tetap membuat hidup kita tetap sehat dengan mengusahakan otak kita 'stay on' dan meningkatkan PHBS dengan membuang sampah pada tempatnya, juga untuk share tentang membuat prakarya di atas...

ini nih tampak depan pra karya sebelum di beri latar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQvOKMr2I1IiLgMKA6Pjub_A7CflagV0sMoKOwmRXEgqwFwuPG1uDHq7_XiamgwOHlHR2j0wTHsL4t6mAWIX-936RcSXlo5U8B_oUkQDhjgSYXOJJV4IP78FpYhUMikCrw_nhTLmCZGqU/s320/daur+ulang+13.png
cara membuatnya cukup simple untuk para pemula dalam hal daur ulang... modal awalnya cukup bisa pake lem.. semua bisa khan...

langkah awal : menyiapkan bahan-bahan, bahan utamanya adalah bungkus rokok, lem (bisa juga double tip, yang penting bisa saling merekatkan antar bagian, gunting, cutter, dan sterofoam (kalo yang kemarin dipakai streofoam yang sudah ada aplikasi warna coklatnya)

trus ... rekatkan enam bungkus rokok pada masing-masing sisi panjangnya dengan sisi depan disamakan, kalo bingung perhatikan gambar di atas, formasi enam ini hanya untuk atapnya saja, dan terdiri dari tiga baris dengan bari terakhir menyeberang ke sisi lainnya. llihat gambar dibawah ini untuk melihat sisi lainnya tau sisi seberang yang dimaksudkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJfrNzQOOYcuj0WEWKdUtqhofH39DT6n5eDetVCq5VGVXMCUTIIzng38FSvLhEN0EdTtaFshLr4_QS0LvFHKT_e0QGRCsMCvUicePH2a5JXPCMDGD5JFrULxWNU4iiXi6uagWm7yncQjg/s320/daur+ulang+12.png

hehe mengerti khan ... toh namanya saja rumah jadi idenya tetap berbentuk siku 90 derajat atas nya. setelah itu merekatkan bungkus rokok untuk sisi kanan dan kirinya ini membutuhkan formasi enam juga tapi tidak melintang perhatikan gambar untuk dinding sampingnya, dan bagian atas yang akan direkatkan ke bagian atapnya harus simetris dan membentuk siku juga supata bisa cucok, nah setelah itu baru merekatkan dinding dalamnya formasinya melintang sama seperti atap dengan formasi lima kolom dua baris.

trus lantai terasnya (ini sesuai selera, kalo gambar diatas formasinya bungkus rokoknya memanjang dengan formasi tiga kolom dan barisnya satu per tiga (hehe) kalo tidak mw pusing perhatikan gambar deh... (supaya otak tetap fit untuk cari ide)

bagian yang terlihat seperti pagar itu adalah hasil dari print out (ini edit aja sendiri) trus rekatkan, bagian tangga paling mudah... ingan cara membuat kipas waktu kecill dulu khan...nah ini sama prinsip dasarnya...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtom20oRBLE9XwQ04ZSPf6uiXQKKjFsF4PmW5NodRiPwHlrVbWFFSS_XrhKynWrl7IZPaAa2CjXLBAPJyQJoIWhg2gb2qmldpQrqeJdR-_30u9XqKxXxSwkVj9dROgtZHVPmPECg2Dtjs/s320/daur+ulang+14.png


nah untuk ornamennya saya menggunakan tusuk gigi (eitsss bukan bekas pake' lohhh ini original ) untuk membuat ornamen ayunan, pasir di depan rumah sebagai bebatuan liar, sama mantan bunga kesayangan mama yang dah pensiun bagian daunnya kuambil untuk ornamen bebungaan, dan tutup botol minuman ringan sebagai ornamen sumur, dannnn sebagai latar belakang di print out juga untuk menambahkan kesan rumah ini    lebih bernyawa...

No comments:

Post a Comment